Ayo Bermain Outside dengan Chromatic Scale dan Passing Note !!!
Udah mahir chord 5th kan ?
Atau udah hapal banyak scale he he he he. Nah sekarang kita main
kromatik aja gitu atau passing note gitu deh coy biar terasa lebih
outside hoooo
. Oiya sebelum gw melanjutkan artikel ini he he he, gw pengen curhat
dulu nich coy, Aliansi bikin versi lain dari lagu solo kami yang
judulnya “Nobody Hear Me”, ya kebalikannya lagu Mas Steve Vai yang
“Everybody Listening” he he he. Karena terlalu bersemangat bikinnya, ya akhirnya jadi berantakan gituE
. Tapi sekarang udah diperbaikin and yakin deh jauh lebih bagus gitu
he he he. Lagu yang itu walaupun tanpa sang vocalist ya tetep ada cerita
dibaliknya he he he, kisahnya tentang seseorang yang diacuhkan terus
oleh orang-orang sekitarnya. Seakan kehadirannya tidak dianggap oleh
orang lain. Keadaan seperti ini membuatnya terpaksa menjauhkan diri dari
masyarakat. Karena tidak sanggup menahan perasaan tersiksa karena
dikucilkan, Ia pun akhirnya melepaskan amarahnya dan memohon pada orang
sekitarnya agar memperhatikan dirinya. Namun ketika orang telah
memperhatikan , ternyata dia orangnya emang “gak penting” gitu he he he
. Ceritanya aneh to ? Tapi temen-temen tolong deh dengerin lagunya
gitu. Download aja di bagian our demo blog ini, yang dari box.net itu
lho. Jangan lupa kasih kommen yawh..
ABOUT PASSING TONE
Kembali ke topik pembicaraan nich, udah
baca artikel yang tentang hubungan chord dan scale kan ? Ini artikel
kayak kelanjutannya gitu he he he, tapi gak juga dink. Temen-temen
pernah denger istilah passing note gitu kan ? Ya kalau belum gw jelasin
aja gitu, passing not adalah nada yang tidak termasuk dalam scale major.
Kalau progresi kita dimulai dari C (C D E F G A B) ya passing notnya C#
D# F# G# and A# gitu coy. Passing note biasanya digunakan sebagai
jembatan atau penghubung antar not. Jika kita menyertakan beberapa dari
passing note tersebut pada lagu kita, maka akan terasa lebih outside
gitu he he he. Yang jelas lebih keren gitu dunk.
MENGGUNAKAN PASSING TONE
Hmmmm kalau gw nerangin soal passing tone pasti yang paling dicari tu cara makainya kan he he he ? Teori ini sama kayak yang gw jelasin dalam “Improvisasi Chord” sekaligus “The Walking Bass”
gitu, cuma di artikel tersebut kan kita improvisasi pake chord atau not
bass, nah sekarang pake scale yang ditambah-tambah gitu ho ho ho.
Passing Note hanya bisa digunakan dalam ketukan yang lemah dalam sebuah
bar. Tau maksudnya to ? Ketukan lemah itu ya yang gak kuat he he he,
bercanda dink. Beberapa musisi and termasuk Gw nyebutnya kayak gitu,
misal lagu kita pake birama 4/4, nah ketukan kuatnya ya yang empat kali
di tiap bar gitu. Ya pake metronome gitu deh, setel aja temponya 100 bpm
and 4/4 gitu, ketukan kuatnya ya suara yang keluar tiap metronomenya
berbunyi he he he. Aduuuuh penjelasannya kog jadi muter-muter ya. By the
way kalau disimpulkan gitu, ketukan lemah itu saat-saat kosong atau
saat dimana metronome tidak berdetik, ya nilainya bisa setengah maupun
triplet. Udah Jelas kan ? Nah ketika kita ada di atas suatu chord
sekaligus dalam ketukan lemah kita bisa menyisipkan passing note agar
improvisasi menjadi lebih cantik. Tapi satu hal yang harus diingat,
jangan menggunakan passing note dalam ketukan kuat, coz bakal bikin
nadanya jadi fales gitu. Kecuali kalau kita pake 5th chord he
he he. Ya contohnya di Am 4/4 kita improvisasi kayak gini |E F G A | A B
C C | E F G C | A G G C || . Wah gak pake skill nich mainnya, 1 nada
perketukan hmmmm
. Nah itu kan tiap nadanya ada pada ketukan kuat, di antara ketukan
kuat pasti ada yang lemah gitu coy, terus isi aja pake passing tone. Ya
jadi lebih banyak suaranya gitu. Misal jadi gini |E F G-G# A-A# | A B
C-C# C | E F-F# G C | A G-G# G C ||. Yah coba aja yang lainnya gitu deh,
gak cuma itu aja kog contohnya, di explore sendiri coy.
ABOUT CHROMATIC SCALE
Gw gak tau pengertian yang tepat mengenai
kromatik, tapi yang gw tau kromatik scale adalah susunan nada yang
memiliki semua unsur nada. Scale yang satu ini mempunyai jarak ½ antar
nadanya, sehingga terdiri dari 12 nada. Berikut ini adalah contoh
chromatic scale yang dimulai dari C :
Aneh to ? Tapi kalau kita bisa make kayak ginian, kita dah bebas dalam berkarya he he he
. Gw juga suka pake kromatik atau passing tone gitu. Kromatik scale
biasa dipake dalam musik jazz, tapi kalau si musisinya pinter ya bisa
aja buat semua aliran musik kayak gw ini ha ha ha ha
. Gak dink bercanda coz gw juga masih amatiran gitu he he he. Kalau
dalam jazz kita bisa pake sesuka hati, tapi kalau di musik pop dll kita
memiliki berbagai keterbatasan dalam menggunakannya. Hmmmm gak juga
dink. Kalau kita main improvisasi sama drummer doank gitu, kromatik bisa
dipake terus ha ha ha coz gak ada chordnya .
THE 5th CHORD
Bagian ini gak perlu gw jelasin panjang-panjang deh coy. Tapi intinya itu, kromatik scale bisa digunakan dengan bebas dalam chord yang satu ini. Tapi jangan lupa, kalau terlalu bebas musiknya bakal jadi jazz, kalau kita musisis pop ya jangan bebas-bebas banget gitu, awalnya pake modes terus diselingi ama kromatik biar tetep pop, gak bebas ya jadi musisi dengan aliran pop tapi kalau mau jadi musisi yang sukses di Indonesia ya mau gak mau gituE hiks, alirannya harus pop gitu, lo gak paling banter ya pop melayu ho ho ho . Kalau temen-temen itu gitaris cowok, ya jangan main pake kromatik secara total buat showmanship di depan cewek-cewek, ntar mereka malah bingung gitu he he he kecuali kalau mereka para pecinta jazz hmmmmm
SELINGI DENGAN CHROMATIC SCALE
Nah yang satu ini cocok buat musik pop, atau fusion gitu deh biar gak salah. Kayak yang gw jelasin dikit di atas gitu, petama modes terus baru pake kromatik bentar, pake modes lagi and jangan lupa berhenti di chord tone biar gak fales. Tau maksudnya kan ? Hmmmm cara kayak gini bakal efektif kalau nilai ketukan sebuah chord dalam lagu kita lebih dari satu bar. Ya kalau 4/4 gitu, bar pertama and kedua pake chord yang sama atau bar pertama ampe ketiga pake Am terus gitu he he he. Wah atau gini aja, waktu main solo, minta ke temen-temen band yang lain supaya ganti chordnya tiap 1 bait lagu gitu. 1 bait lagu yang pertama pake Am terus bait kedua pake C biar per chordnya jadi 4 bar kalau biramanya 4/4 gitu he he he .
Nah penerapan kromatik ini bagus kalau
kita minta satu bar aja dari tiap chord gitu, benernya terserah seh tapi
kan tujuannya supaya musiknya gak jadi jazz gitu ya 1 bar aja he he he.
Misal kita punya chord Am yang panjangnya 4 bar, di bar pertama kita
pake aeolian, bar kedua dorian, ketiga baru pake kromatik and terakhir
balik lagi ke aeolian gitu. Udah tau modes to ? Kalau belum baca aja “Penggunaan Modes”
coy. Hmmm penerapan ini gak terbatas kayak gitu aja lho, bisa juga bar
pertama pake dorian terus bar kedua ama ketiga pake kromatik dan
lain-lain deh. Tapi jangan lupa untuk mulai dan berhenti pada chord tone
atau appergio (triad) tersebut biar gak fales gitu. Ini contoh licknya :
Nah itu contohnya gak harus Major7 gitu coy, C Major doank juga bisa geto. Yang idea 1/2 itu maksudnya terserah temen-temen he he he, mau pake modes apa gitu . Yang bawah itu dari Fm coy beda nada dasar gitu, ya prinsipnya sama aja kayak yang C. Kalau pengen di musik jazz ya pake chord yang agak susah dikit he he he :
FORMASI YANG SIMETRIS
Nah ini adalah teknik yang cukup keren he
he he. Pernah denger part mellodynya Galih dan Ratna (D’Cinnamons) kan ?
Di bagian akhir ada lick yang aneh kayak mundur-mundur pusing gitu he
he he
. Lha kog lucu gitu and yang jelas gak fales. Nah teknik inilah yang
jadi jawabannya. Sebagai manusia kita juga bisa menerima hal-hal yang
sifatnya teratur dan simetris he he he. Temen-temen kan mesti lebih suka
bangun persegi yang simetris to daripada yang mencong-mencong he he he
. Gak nyambung dink tapi gak papa. Yang dimaksud simetris itu berarti
jarak atau langkahnya, gw susah jelasinnya. Ne liat aja contohnya atu he
he he :
Sekian dulu yah teman,kalau ada salah2 kata mohon di maaf kan *jiaaahhh gubrakk toweweweweng*
Mari kita saling support sesama musisi indonesia atau lokal #EwakoMakassar \m/
Wahyu Ibrahim Video
Tidak ada komentar:
Posting Komentar